Minggu, 01 Juli 2012

PERANAN TIK DALAM PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN



Peranan TIK dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Oleh      : Cucu Kuswati, S.Pd
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memiliki peranan besar dalam dunia pendidikan dan pembelajaran sekarang ini. Kemajuan TIK telah memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-learning). Melalui E-Learning ini interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dapat dilakukan melalui hubungan tatap muka di kelas, tetapi dapat dilakukan di luar kelas dengan menggunakan media komunikasi seperti seperti telepon, computer, internet dan email.
E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang memanfaatkan teknologi computer, jaringan computer dan / atau internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui computer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bias diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-learning tidak hanya didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD atau DVD pun termasuk pola e-learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melallui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfaatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.
Teknnologi informasi dan komunikasi juga memungkinkan guru memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Begitu juga dengan siswa, ia dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan computer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet

Sumber
Supriyanto. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta. Yudhisthira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar